Ketika Allah Membalikkan Keadaan

0 komentar

MUHAMMAD BIN GHASSAL yang saat itu menjabat sebagai qadhi Kufah melihat seorang tamu wanita yang mengunjungi ibunya. Setelah mencari tahu Ibnu Ghassal mengerti bahwa yang datang adalah ibu Jakfar Al Barmaki, menteri Harun Ar Rasyid.

Ibnu Ghassal pun mengucapkan salam kepada wanita itu lalu menyampaikan,”Lama tidak bertemu Anda, bagaimana keadaan Anda?” Wanita itu pun menjawab,”Zaman telah berbalik, tiga tahun yang lalu 400 pembantu melayaniku dan anakku sendiri mengirim kepadaku 1000 kambing dan 300 sapi untuk kurban, itu belum termasuk perhiasan dan pakaian. Dan sekarang aku datang untuk meminta kulit dua domba untuk aku jadikan lapisan pakaian dan alas tidur di malam hari”.

Ibnu Ghassal pun menangis mendengar kabar itu lalu beliau pun menghibahkan beberapa dinar untuk wanita itu. (Bahr Ad Dumu’, hal. 97)

Jakfar Al Barmaki dan ayahnya Yahya bin Khalid sebelumnya termasuk orang kepercayaan Harun Ar Rasyid namun setelah itu hubungan mereka berubah menjadi permusuhan setelah Harun Ar Rasyid menilai bahwa mereka terlalu banyak mencampuri urusan istana, hingga akhirnya keduanya dikurung dalam penjara.


Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Khazanah Islami - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger