MAKNA MALAM LAILATUR QADAR

0 komentar

Malam Lailatul Qadar juga disebut malam seribu bulan karena pada malam itu malaikat diperintahkan oleh Allah SWT untuk menuliskan ketetapan tentang kebaikan, rezeki dan keberkahan di tahun ini, sebagaimana firman Allah SWT; ”sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami. Sesungguhnya kami adalah yang mengutus rasul-rasul.” (QS. Ad Dukhan: 3–5).

Lailatul Qadar adalah malam kesejahteraan dan kebaikan seluruhnya tanpa ada keburukan hingga terbit fajar, sebagaimana firman-Nya; "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al Qodr: 4–5).

Tanda-tanda lailatul qadar Rasulullah SAW bersabda; "lailatul qadar adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah." (hadis riwayat Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani). Rasulullah SAW bersabda;"sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran." (hadis riwayat Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani). Rasulullah SAW bersabda; "tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya cerah tanpa sinar." (hadits riwayat Muslim).
 
Lailatul Qadar merupakan rahasia Allah SWT. Untuk itu dianjurkan agar setiap muslim mencarinya di sepuluh malam terakhir, sebagaimana sabda Rasulullah SAW; "carilah dia (lailatul qodr) pada sepuluh malam terakhir di malam-malam ganjil." (hadits riwayat Bukhori Muslim). Malam-malam ganjil yang dimaksud dalam hadits diatas adalah malam ke-21, 23, 25, 27 dan 29

Oleh sebab itu marilah kita isi dan penuhi waktu kita dg ibadah,baik yg bersifat vertikal,maupun yg bersifat sosial..
Dan orang yang menghidupkan malam itu dengan amal-amal ibadah akan merasakan ketenangan hati, kelapangan dada dan kelezatan dalam ibadahnya itu karena semua itu dilakukan dengan penuh keimanan dan mengharapkan ridho Allah SWT.
Semoga kita smua dpt meraih keutamaan ramadhan ,lailatul qadar,dan mendapat ampunan dr ALLAH SWT amin Wallahu A’lam.
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Khazanah Islami - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger