Jatuh Dari Tangga

0 komentar

 
Ada dua orang bersaudara. Yang satu ahli ibadah sedangkan yang satu lagi tukang maksiat. Suatu hari tukang ibadah digoda oleh nafsunya untuk mengikuti syahwatnya. Nafsunya memprovokasi bahwa dirinya sudah sangat lama menghabiskan umurnya dalam beribadah.
{jcomments on}Ia berandai-andai bahwa jika dirinya selesai melampiaskan nafsunya, ia akan segera tobat karena dirinya mengetahui bahwa Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dalam hatinya tukang beribadah ini berkata, “Saya akan turun ke lantai bawah tempat saudaraku berada. Saya akan mengikuti apa yang dilakukan olehnya (yaitu melampiaskan nafsu dengan berbagai bentuk maksiat dan kesenangan). Setelah itu saya akan bertobat dan menghabiskan umurku untuk beribadah kepada Allah. Maka turunlah dia ke lantai bawah sambil membawa niat tersebut.

Adapun saudaranya yang tukang maksiat, dalam hatinya, berkata, “Saya telah menghabiskan umurku dalam kemaksiatan. Sedangkan saudaraku terus-terusan beribadah. Saudaraku akan masuk surga sedangkan saya akan masuk neraka. Demi Allah, saya akan tobat dan naik ke tempat saudara ku untuk ikut serta beribadah dengannya. Saya akan menggunakan sisa umurku untuk beribadah dengannya. Saya akan menggunakan sisa umurku untuk beribadah. Semoga Allah memaafkanku.” Maka, dia naik ke atas menemui saudaranya dengan niat tersebut.
 
Sementara itu, saudaranya yang sedang di atas dan bermaksud turun ke bawah dengan niat untuk melakukan maksiat sedang menuruni anak tangga. Tiba-tiba, kakinya terkilir dan jatuh ke bawah. Jatuhnya tepat sekali menimpa saudaranya yang akan naik ke atas dengan niat bertobat. Keduanya meninggal seketika. Si tukang ibadah dibangkitkan oleh Allah dalam keadaan berniat maksiat sedang si tukang maksiat dibangkitkan oleh Allah dalam keadaan berniat untuk beribadah.\
 
Sumber : Buku : "Menggapa Hikmah dari Kisah" (Kumpulan Kisah dari Buku Imam Al - Ghazali), pengumpul : Isyan Basya, Hasyimi, Januari 2005.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Khazanah Islami - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger