Zat Yang Terkadung Dalam Buah Penurun Kadar Gula Darah

0 komentar



Jika Anda menderita diabetes, sangat dihindarkan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, termasuk buah-buahan. Tapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa buah yang bisa dijadikan sebagai penurun kadar gula. Nah,  Anda perlu mengetahui kandungan-kandungan penting di dalam beberapa buah yang bisa menekan diabetes. Berikut ini adalah zat-zat tersebut.

Zat Quersetin

Zat apakah ini? Ini adalah antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Anda bisa menemukan zat ini pada apel. Nah, bagi penderita diabetes, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi apel. Kandungan antioksidan pada quersetin bisa memperkecil risiko kematian. Buah ini sendiri memiliki dua tipe antioksidan yang berbeda. Pada bagian daging/isi dan luar/kulit. Oleh sebab itu, jangan pernah mengupas kulitnya jika ingin menyantap apel. Mengapa? Karena kulitnya memiliki quercetin 4,7 kali lipat lebih banyak dari dagingnya. Ini juga bisa dijadikan sebagai sumber energi.
Dalam apel juga mengandung mulus domesticaini yang bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah.
Penderita diabetes juga disarankan untuk mengkonsumsi serat-serat dalam jumlah banyak. Nah, apel memiliki serat pektin yang mudah larut dalam air. Serat tersebut akan membantu proses pencernaan dan menghilangkan racun.
Tapi, Anda perlu mewaspadai jika membeli apel impor yang terdapat di supermarket. Biasanya, apel-apel tersebut dilapisi oleh lilin supaya terlihat mengkilap dan segar. Nah, Anda bisa membersihkan lapisan lilin tersebut dengan merendamnya di dalam air hangat. Tunggulah beberapa menit hingga lapisan tersebut mengelupas. Pilihan lain tentu saja dengan mengupasnya, meskipun ini berarti Anda tak bisa mendapatkan manfaat dari antioksidan yang paling tinggi.

Vitamin C

Zat berikutnya yang dibutuhkan oleh penderita diabetes adalah vitamin C. Kita bisa dengan mudah menemukannya dalam berbagai jenis buah. Biasanya, kita juga menemukan itu dalam jeruk. Vitamin C sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan menjaga keseimbangan gula darah. Pilihan lain bisa Anda temukan pada buah alpukat. Buah ini juga mengandung serat-serat penting yang menghambat pelepasan gula ke pembuluh darah. Hal ini akan menjaga kestabilan daya tubuh dan menghindarkan dari peningkatan gula darah.
Tapi, ada satu buah lagi yang dianggap sangat manjur bagi penderita diabetes. Buah ini adalah mengkudu. Konon, buah ini telah digunakan ratusan tahun untuk menurunkan kadar gula. Entah benar atau tidak kisah tersebut, namun mengkudu memang bisa menangkal berbagai penyakit. Biasanya, buah ini juga disarankan bagi penderita penyakit-penyakit berat lain.
Nah, Anda telah mengetahui dua zat penting yang bisa membantu penderita diabetes. Ada banyak buah-buahan dan sayuran yang tersedia di sekitar Anda. Anda juga bisa mengolahnya dalam menu lain. Namun jika Anda ingin hasil terbaik, sangat disarankan untuk mengkonsumsinya secara mentah. Tentu saja, Anda wajib mencucinya terlebih dahulu hingga bersih.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Khazanah Islami - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger