Buah-buahan yang Dapat Mengobati Kemandulan

1komentar


Salah satu penyebab kemandulan adalah berasal dari gaya hidup yang tidak sehat seperti dari asupan makanan, merokok atau minum minuman beralkohol, atau bahkan kurangnya aktivitas olahraga. Dari itu semua, tampaknya yang paling dominan adalah mengonsumi makanan secara berlebihan. Untuk itulah ada baiknya membiasakan mengonsumsi makanan yang bergizi. Salah satunya adalah buah-buahan sebagai obat kemandulan.

Mengapa harus buah-buahan?

Perlu diketahui bahwa kebanyakan makanan itu mengandung zat oksidan sehingga diperlukan buah-buahan yang banyak mengandung zat antioksidannya. Ada beberapa buah-buah yang mengandung antioksidan tinggi. Salah satunya adalah kurma. Bagi orang Islam, kurma pun begitu disanjung karena manfaatnya dan sering disebut dalam Al-Quran, baik yang basah maupun yang kering. Manfaat kurma bagi wanita hamil maupun setelah melahirkan pun tertera pada surah Maryam.
Dari analisis kedokteran, wanita hamil dan akan melahirkan memang akan membutuhkan asupan bergizi yang mengandung unsur gula dan vitamin B1. Kurma adalah buah yang mengandung unsur gula dan vitamin B1, termasuk protein, lemak, dan mineral. Detailnya, 100 gram kurma itu mengandung 75 gram gula, 4 gram serat selulosa, 2,5 gram protein dan lemak, 22,5 gram air, 60 IU vitamin A, 0,08 mg vitamin B1, 0,05 mg vitamin B2, 79 mg Kalium, 21 mg tembaga, 65 mg belerang, 5 mg besi, 65 mg kalsium, 2 mg mangan, 65 mg magnesium, dan 72 gram fosfor.
Kandungan antioksidan pada kurma terdapat pada asam aminonya, yaitu glutathione yang dapat memberikan lebih dari 350 energi. Inilah nilai gizi kurma yang hampir sempurna. Selain sebagai antioksidan, kurma juga mengandung beberapa zat kimia yang dapat mempengaruhi hormon oksitosin (berfungsi banyak saat persalinan dengan mengurangi resiko pendarahan hebat) dan juga mempengaruhi hormon yang dapat memperlancar keluarnya ASI.
Selain buah kurma masih ada buah-buahan lain yang juga mengandung antioksidan. Jadi, jangan khawatir kalau Anda tidak mendapatkan kurma. Oleh karenanya, buah-buahan yang berantioksidan itu termasuk buah-buahan sebagai obat kemandulan. Buah-buahan yang banyak atau kaya mengandung antioksidan adalah kismis (anggur kering), blueberry, blackberry, strawberry, raspberry, buah plum, jeruk, anggur merah, dan cherry. Bagi yang belum bisa membedakan antara blueberry dan blackberry, blackberry begitu mirip dengan murbei tetapi tumbuh secara bergerombol dalam satu tangkai sedangkan blueberry berwarna hijau saat kecil dan berwarna ungu saat sudah matang. Kandungan zat antioksidan pada blackberry disebut antrosianin sedangkan pada blueberry disebut antosinin.
Ada yang khas dan unik dari masing-masing buah di atas. Misalnya buah plum yang ternyata mengandung 38 persen zat antioksidan sehingga menjadi lebih banyak kandungan antioksidannya daripada blueberry. Selain kandungan antioksidan yang tinggi pada anggur merah, buah ini juga dipercaya dapat membuat pemakannya menjadi lebih awet muda jika dikonsumsi setiap hari. Hal itu disebabkan selain zat antioksidan juga kandungan kaliumnya yang dapat mengatasi penuaan dini. Sedangkan cherry amat baik bagi sistem imunitas tubuh dan mencegah terjadinya infeski pernapasan seperti flu atau pilek.
Jadi, mulai hari ini jadian buah-buahan sebagai obat kemandulan jika Anda menginginkan adanya keturunan. Biasakan hidup sehat dengan mengonsumsi buah-buahan.

Share this article :
 
Support : Copyright © 2011. Khazanah Islami - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger