Menguapi Kulit Wajah untuk Mengatasi Jerawat

0 komentar


Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat mengganggu. Banyak orang berani mengeluarkan biaya untuk membeli segala macam obat anti jerawat ini. Sebenarnya lebih baik jika kita ketahui dengan pasti apa yang menyebabkan timbulnya jerawat, apakah karena hormon, pola makan yang salah, stress, atau karena kurang menjaga kebersihan kulit? Jika kita sudah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untukmengatasinya.
Salah satu cara mengatasi yang paling sederhana adalah memiilih perawatan khusus untuk membersihkan kulit yang fungsinya bukan hanya membersihkan, tetapi juga mengangkat sisa minyak, sel-sel kulit mati, toksin, dan bakteri. Pernahkah Anda menyadari bahwa semakin lama kotoran itu menempel, semakin banyak kerusakan kulit yang ditimbulkan. Bakteri mudah berkembang di tempat yang lembab atau lingkungan berminyak. Oleh karenanya, membersihkan kulit wajah dua kali sehari merupakan suatu keharusan.
Menguapi kulit wajah merupakan cara yang efektif untuk membersihkan kulit. Penguapan (steam) membuka pori-pori secara lembut dan merangsang sirkulasi darah, yang dapat membersihkan kulit dari toksin dan membantu mencegah timbulnya jerawat.
Cara menguapi kulit wajah:
  1. Masukkan 1 liter air panas ke dalam waskom berukuran sedang. Jika Anda ingin menambahkan herba atau bunga-bunga (kering atau hidup) tebarlah di atas air. Jika menggunakan minyak esensial seperti minyak tea tree (mengandung zat antibakteri alami yang membantu menumpas bakteri penyebab jerawat), tambahkan beberapa tetes ke dalam air tesebut.
    Steam Oil lain yang dapat digunakan untuk menguapi wajah antara lain yang mengandung minyak kamfer (camphor), minyak kenanga, minyak lemon dan minyak lavender.
  2. Duduk dan arahkan wajah ke lingkaran waskom. Agar uap air terserap dengan baik, kerudungi kepala dengan handuk yang bersih dan cukup lebar. Rilekslah selama 10 menit.
  3. Buang kotoran-kotoran dari kulit wajah Anda. Percikkan air dingin ke wajah untuk menutup pori-pori dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk bersih yang lembut.
Selain itu dapat juga melakukan pijatan ringan pada wajah dengan menggunakan minyak esensial anti jerawat.
Beberapa minyak esensial anti jerawat yang dapat digunakan antara lain minyak untuk memijat (Masssage Oil) yang mengandung minyak eucalyptus, minyal palmarosa, minyak lavender, dan minyak nilam (patchouli).

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Copyright © 2011. Khazanah Islami - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger